Skripsi Teknik: Perencanaan Pengolahan Limbah Domestik Perumahan Garden Hills Estate Samarinda


Overview:

Pencemaran lingkungan merupakan konsekuensi dari setiap kegiatan manusia yang berkaitan langsung dengan lingkungan, dimana potensi timbulnya pencemaran berjalan tegak lurus dengan jumlah populasi dan kegiatan manusia. Limbah domestik merupakan jumlah pencemar terbesar yang masuk ke perairan yang berasal dari air bekas cucian, kamar mandi, dan dari dapur. Selain itu buangan eksreta yaitu tinja dan urine manusia dipandang berbahaya karena dapat menjadi media penyebaran penyakit. 

Faktor utama penyebab tingginya pencemaran lingkungan dari limbah domestik dikarenakan tidak memadainya akses sanitasi publik dan teknologi yang diterapkan. Berdasarkan anonim (2008), jumlah masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses sanitasi yang layak sebesar 30,7% dengan prosentase pencemaran air tanah perkotaan yaitu 70% dan air sungai 75%. Permasalahan yang terjadi yaitu laju perkembangan pembangunan sarana pengelolaan air limbah domestik secara terpusat sangat lambat hanya sekitar 3,5% dari total daerah pelayanan, serta teknologi pengolahan air limbah rumah tangga secara individual ataupun semi komunal tidak memadai dan kurang sekali sehingga pengelolaan tidak dapat dilakukan secara maksimal. Sistem pembuangan air limbah yang digunakan masyarakat yakni air limbah yang berasal dari kakus dialirkan ke dalam tangki septik dan diresapkan ke dalam tanah atau di buang ke saluran umum. Sedangkan air limbah toilet yang berasal dari kamar mandi, mencuci, dan serta buangan dapur langsung disalurkan ke drainase umum, sehingga potensi pencemaran dan dampak lingkungan yang ditimbulkan akan berdampak langsung pada kehidupan manusia dan ekosistem sekitar.

Garden Hills Estate merupakan salah satu kawasan perumahan dengan luas ±50,865 m2 yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan dari limbah domestik yang berasal dari kegiatan memasak, mandi, mencuci, dan aktifitas pembuangan pada toilet. Jumlah rumah yang akan di bangun pada perumahan Garden Hills Estate yaitu 202 unit rumah dan jumlah air limbah domestik dari pemukiman yang akan dibuang ke lingkungan 45- 150 liter/hari (Anonim, 2011). Mengingat potensi pencemaran yang akan terjadi, oleh karena itu perlu dilakukan perencanaan pengolahan limbah domestik, yakni dengan membuat sistem jaringan dari rumah ke saluran pengumpul dan kemudian diolah dengan teknologi sehingga mencapai baku mutu yang ditetapkan agar aman dibuang ke lingkungan.

Anaerobic Baffled Reactor (ABR) merupakan salah satu alternatif pengolahan limbah domestik yang berasal dari kawasan perumahan dengan lahan yang sempit (Raditya & Masduqi, 2010). Jika dirancang dengan baik ABR dapat berfungsi mengendalikan potensi rembesan limbah tinja ke sumber air tanah, dan menurunkan kandungan organik air limbah domestic sehingga air dapat digunakan untuk kebutuhan mahluk hidup.


Contoh Skripsi Teknik
Judul: Perencanaan Pengolahan Limbah Domestik Perumahan Garden Hills Estate Samarinda



Password: day4ZVjU


Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.