Skripsi Teknik: Aplikasi Kompas Digital Pada Mobil Robot Pendeteksi Api


Overview:

Akhir-akhir ini kita sering banget mendengar istilah kontes robot yang mempertandingkan kemampuan robot dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Uniknya, meski robot-robot itu bisa menyelesaikan tugas, berjalan sesuai dengan rute yang telah ditentukan sampai bisa menemukan akhir tugas yang harus diselesaikannya. Robot-robot tersebut sering diistilahkan dengan mobile robot, yaitu istilah yang sering digunakan untuk menyebut sebuah robot yang memiliki kemampuan menjelajah. 

Tidak peduli apakah robot tersebut bergerak menggunakan roda, kaki, maupun kipas untuk berenang atau bahkan terbang sekalipun, maka robot semacam ini masuk ke dalam kategori mobile robot. Agar tidak salah arah (nyasar), robot harus dilengkapi dengan sistem navigasi yang dapat memberikan informasi arah dengan baik. Sehingga robot dapat memutuskan dengan benar, ke arah mana seharusnya bergerak untuk mencapai lokasi yang diinginkan.

Sistem navigasi yang cukup baik, efektif, mudah digunakan, dan murah meriah ini bisa kita dapatkan dari kompas digital. Cukup banyak sebetulnya jenis kompas digital yang diproduksi khusus untuk keperluan robotika Satu di antaranya yang sangat populer adalah CMPS03 Magnetic Compass buatan Devantech Ltd. CMPS03 ini punya ukuran 4 x 4 cm dan menggunakan sensor medan magnet Philips KMZ51. Sensor magnetnya ini cukup sensitif untuk mendeteksi medan magnet bumi.

Mikrokontroler adalah suatu sistim mikrokomputer yang dirancang untuk keperluan pengontrolan sistim. Dilengkapi CPU (unit pemprosesan pusat),memori dan perangkat perantaranya lainnya, sehingga sering disebut mikrokomputer serpih tunggal. AT89S52 merupakan produk dari ATMEL yang termasuk keluarga MCS-52.

Tahap Perancangan alat, dimana sebelum melakukan percobaan maka dilakukan perancangan terlebih dahulu. Perancangan terdiri dari beberapa bagian, yaitu: perancangan sistem minimum untuk mikrokontroller, sistem deteksi panas dengan menggunakan sensor api, sistem minimum untuk kompas digital dan driver penggerak motor.

Dalam perancangan perangkat keras (hardware) dibutuhkan beberapa rangkaian diantaranya sistem minimum AT89S52, Kompas digital, penggerak motor, thermophile array dan display LCD serta sistem mekanik. Oleh sebab itu dalam bab tiga ini akan dijabarkan satu demi satu, bagian per bagian berdasarkan runutan pembuatan yaitu bentuk/model kerangka robot, minsis AT89S52, kompas digital, penggerak motor dc, thermophile array dan terakhir penampil/ display LCD.

Sensor termal atau sensor panas api ini bekerja atas dasar penjumlahan/selisih derajat perbedaan titik api berdasarkan kolom baris (matrix). Pemilihan sensor TPA81 karena tahan terhadap suhu extrim dan perawatan mudah serta terdapat fasilitas untuk kendali motor servo.

Berbekal prinsip kerja dari magnet untuk kompas konvensional inilah maka akan dikembangkan untuk menciptkan sebuah alat navigasi yang menggunakan peralatan digital sehingga navigasi ini akan berupa kompas digital, kompas digital ini nantinya tidak hanya dapat mendeteksi posisi mata angin yang lain.


Contoh Skripsi Teknik
Judul: Aplikasi Kompas Digital Pada Mobil Robot Pendeteksi Api



Password: m7uwqV85

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.