Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Overview:
Sebuah arsitektur program atau sistem komputer 
merupakan struktur dari sistem, di mana terdiri dari komponen software, 
komponen hardware, dan hubungan di antaranya. Dalam perancangan sebuah 
arsitektur program sering terjadi masalah akibat sistem yang terlalu 
rumit. Masalah tersebut dapat dipecahkan oleh pembuat sistem dengan cara
 memilih struktur data dan algoritma pembuatan dengan benar, serta 
menggunakan konsep-konsep yang tepat. 
Arsitektur program merupakan hal yang cukup baru 
dalam industri. Awalnya menyusun sebuah arsitektur program tidaklah 
diperhatikan oleh kebanyakan pembuat sistem, mereka tidak membuat 
keteraturan dalam pembuatan arsitektur, hal ini membuat lamanya waktu 
yang dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan sebuah sistem.
Beberapa tahun belakangan ini, untuk membuat 
arsitektur program digunakan kesamaan pola desain, gaya, bahasa 
deskripsi, dan logika resmi. Sebagai tindak lanjut karena tidak ada 
aturan yang resmi dan jelas mengenai hal ini, maka dalam pembuatan 
arsitektur program masih seperti kesatuan seni dan ilmu. Seni merupakan 
bagian dari sebuah arsitektur progam, karena saat membuat arsitektur, 
pembuat sistem harus berpikir tentang kemampuan sebuah software mengenai
 hal toleransi kesalahan, kecocokan, tahan uji, mudah dikembangkan, 
keamanan, dan mudah digunakan.
Dalam membuat program dengan menggunakan bahasa Java,
 dikenal 2 model arsitektur, yaitu Arsitektur Model 1 dan Arsitektur 
Model 2. Arsitektur Model 1 merupakan sebuah arsitektur yang sangat 
sederhana, sebuah halaman interface langsung menangani sebuah proses 
ketika mendapat perintah dari user. Jika membutuhkan data dari database,
 halaman itu langsung mengakses database dan menampilkan hasilnya ke 
user.
Arsitektur Model 2 merupakan pengembangan dari 
Arsitektur Model 1. Dalam arsitektur ini sistem dibagi menjadi 3 lapisan
 yaitu Model, View, dan Controller. View merupakan interface yang 
berhubungan dengan user. Ketika View mendapat perintah dari user, 
Controller menunjuk View mana yang akan ditampilkan atau jika 
membutuhkan data dari database, Controller menunjuk Model mana yang akan
 mengakses data dari database yang kemudian akan ditampilkan oleh View.
Melalui penelitian ini diharapkan para pembuat sistem
 dapat lebih mengerti mengenai pentingnya arsitektur dalam pembuatan 
program. Khususnya mengerti perbedaan dari Arsitektur Model 2 dan 
Arsitektur Model 1. Arsitektur Model 2 merupakan terobosan baru dalam 
hal arsitektur program, yang merupakan pengembangan dari Arsitektur 
Model 1. Secara teori Arsitektur Model 2 lebih efektif dan efisien dari 
Arsitektur Model 1. Beberapa kelebihan Arsitektur Model 2, yaitu dapat 
menangani banyak View dengan menggunakan Model yang sama, sehingga 
mempermudah pemeliharaan, pengujian, pengembangan; lebih fleksibel dalam
 mendesain tampilan karena sistem dalam program terpisah dengan 
tampilan.
  
Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Judul: Perbandingan Arsitektur Model 2 dan Arsitektur Model 1 Dalam Pengembangan   Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
Password: Qw1Fa0zd