Skripsi TI: Perbandingan Arsitektur Model 2 dan Arsitektur Model 1 Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web

Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika

Overview:

Sebuah arsitektur program atau sistem komputer merupakan struktur dari sistem, di mana terdiri dari komponen software, komponen hardware, dan hubungan di antaranya. Dalam perancangan sebuah arsitektur program sering terjadi masalah akibat sistem yang terlalu rumit. Masalah tersebut dapat dipecahkan oleh pembuat sistem dengan cara memilih struktur data dan algoritma pembuatan dengan benar, serta menggunakan konsep-konsep yang tepat. 

Arsitektur program merupakan hal yang cukup baru dalam industri. Awalnya menyusun sebuah arsitektur program tidaklah diperhatikan oleh kebanyakan pembuat sistem, mereka tidak membuat keteraturan dalam pembuatan arsitektur, hal ini membuat lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan sebuah sistem.

Beberapa tahun belakangan ini, untuk membuat arsitektur program digunakan kesamaan pola desain, gaya, bahasa deskripsi, dan logika resmi. Sebagai tindak lanjut karena tidak ada aturan yang resmi dan jelas mengenai hal ini, maka dalam pembuatan arsitektur program masih seperti kesatuan seni dan ilmu. Seni merupakan bagian dari sebuah arsitektur progam, karena saat membuat arsitektur, pembuat sistem harus berpikir tentang kemampuan sebuah software mengenai hal toleransi kesalahan, kecocokan, tahan uji, mudah dikembangkan, keamanan, dan mudah digunakan.

Dalam membuat program dengan menggunakan bahasa Java, dikenal 2 model arsitektur, yaitu Arsitektur Model 1 dan Arsitektur Model 2. Arsitektur Model 1 merupakan sebuah arsitektur yang sangat sederhana, sebuah halaman interface langsung menangani sebuah proses ketika mendapat perintah dari user. Jika membutuhkan data dari database, halaman itu langsung mengakses database dan menampilkan hasilnya ke user.

Arsitektur Model 2 merupakan pengembangan dari Arsitektur Model 1. Dalam arsitektur ini sistem dibagi menjadi 3 lapisan yaitu Model, View, dan Controller. View merupakan interface yang berhubungan dengan user. Ketika View mendapat perintah dari user, Controller menunjuk View mana yang akan ditampilkan atau jika membutuhkan data dari database, Controller menunjuk Model mana yang akan mengakses data dari database yang kemudian akan ditampilkan oleh View.

Melalui penelitian ini diharapkan para pembuat sistem dapat lebih mengerti mengenai pentingnya arsitektur dalam pembuatan program. Khususnya mengerti perbedaan dari Arsitektur Model 2 dan Arsitektur Model 1. Arsitektur Model 2 merupakan terobosan baru dalam hal arsitektur program, yang merupakan pengembangan dari Arsitektur Model 1. Secara teori Arsitektur Model 2 lebih efektif dan efisien dari Arsitektur Model 1. Beberapa kelebihan Arsitektur Model 2, yaitu dapat menangani banyak View dengan menggunakan Model yang sama, sehingga mempermudah pemeliharaan, pengujian, pengembangan; lebih fleksibel dalam mendesain tampilan karena sistem dalam program terpisah dengan tampilan.

 
Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Judul: Perbandingan Arsitektur Model 2 dan Arsitektur Model 1 Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web

Password: Qw1Fa0zd


Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.