Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Overview:
Sebuah arsitektur program atau sistem komputer
merupakan struktur dari sistem, di mana terdiri dari komponen software,
komponen hardware, dan hubungan di antaranya. Dalam perancangan sebuah
arsitektur program sering terjadi masalah akibat sistem yang terlalu
rumit. Masalah tersebut dapat dipecahkan oleh pembuat sistem dengan cara
memilih struktur data dan algoritma pembuatan dengan benar, serta
menggunakan konsep-konsep yang tepat.
Arsitektur program merupakan hal yang cukup baru
dalam industri. Awalnya menyusun sebuah arsitektur program tidaklah
diperhatikan oleh kebanyakan pembuat sistem, mereka tidak membuat
keteraturan dalam pembuatan arsitektur, hal ini membuat lamanya waktu
yang dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan sebuah sistem.
Beberapa tahun belakangan ini, untuk membuat
arsitektur program digunakan kesamaan pola desain, gaya, bahasa
deskripsi, dan logika resmi. Sebagai tindak lanjut karena tidak ada
aturan yang resmi dan jelas mengenai hal ini, maka dalam pembuatan
arsitektur program masih seperti kesatuan seni dan ilmu. Seni merupakan
bagian dari sebuah arsitektur progam, karena saat membuat arsitektur,
pembuat sistem harus berpikir tentang kemampuan sebuah software mengenai
hal toleransi kesalahan, kecocokan, tahan uji, mudah dikembangkan,
keamanan, dan mudah digunakan.
Dalam membuat program dengan menggunakan bahasa Java,
dikenal 2 model arsitektur, yaitu Arsitektur Model 1 dan Arsitektur
Model 2. Arsitektur Model 1 merupakan sebuah arsitektur yang sangat
sederhana, sebuah halaman interface langsung menangani sebuah proses
ketika mendapat perintah dari user. Jika membutuhkan data dari database,
halaman itu langsung mengakses database dan menampilkan hasilnya ke
user.
Arsitektur Model 2 merupakan pengembangan dari
Arsitektur Model 1. Dalam arsitektur ini sistem dibagi menjadi 3 lapisan
yaitu Model, View, dan Controller. View merupakan interface yang
berhubungan dengan user. Ketika View mendapat perintah dari user,
Controller menunjuk View mana yang akan ditampilkan atau jika
membutuhkan data dari database, Controller menunjuk Model mana yang akan
mengakses data dari database yang kemudian akan ditampilkan oleh View.
Melalui penelitian ini diharapkan para pembuat sistem
dapat lebih mengerti mengenai pentingnya arsitektur dalam pembuatan
program. Khususnya mengerti perbedaan dari Arsitektur Model 2 dan
Arsitektur Model 1. Arsitektur Model 2 merupakan terobosan baru dalam
hal arsitektur program, yang merupakan pengembangan dari Arsitektur
Model 1. Secara teori Arsitektur Model 2 lebih efektif dan efisien dari
Arsitektur Model 1. Beberapa kelebihan Arsitektur Model 2, yaitu dapat
menangani banyak View dengan menggunakan Model yang sama, sehingga
mempermudah pemeliharaan, pengujian, pengembangan; lebih fleksibel dalam
mendesain tampilan karena sistem dalam program terpisah dengan
tampilan.
Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Judul: Perbandingan Arsitektur Model 2 dan Arsitektur Model 1 Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
Password: Qw1Fa0zd