Skripsi Teknik: Identifikasi Model Ruang Keadaan Multivariabel pada Sistem Tata Udara Presisi Menggunakan Algoritma Online PO-MOESP(Past Output MIMO Output Error State- Space Model Identification)


Overview:

Pada zaman sekarang manusia sudah berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas kenyaman. Sudah banyak usaha dilakukan untuk membangun lingkungan hidup yang nyaman. Selain itu, banyak industri-industri high-tech (optic electronic, electronic, information, biotech, dan medical industri) yang tak henti-hentinya meningkatkan kualitas produk dengan membuat lingkungan produksi yang sesuai. Lingkungan tersebut dapat dicapai dengan pengendalian terhadap temperatur yang telah dianggap sebagai suatu kunci untuk mencapai ruang kenyamanan bagi manusia atau kualitas dari produksi melalui proses air conditioning. 

Disisi lain, penghematan energi untuk proses Air conditioning telah menarik banyak perhatian di tahun sebelumnya, hal ini terjadi karena peningkatan biaya penggunaan dan terbatasnya sumber listrik yang tersedia. Salah satu aplikasi nyata terhadap pemanfaatan teknologi air conditioning adalah tata udara presisi yang salah satunya terdapat di data center. Mayoritas peralatan yang berada di datacenter ditempatkan pada suatu kondisi suhu ruang yang khusus yang tidak dipengaruhi oleh fluaktuatif suhu lingkungan. Oleh karena itu biasanya peralatan tersebut berada di suatu ruang yang disebut ruang datacom. Suhu ruang datacom di Indonesia umumnya masih dikendalikan dengan mengandalkan pada sistem tata udara ruangan biasa.

Dampak yang timbul dari kondisi suhu dan kelembaban udara yang fluktuatif pada ruang datacom adalah rentan terhadap thermal shutdown, corrosion and short circuit yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan. Kerugian lainnya yang timbul adalah pengguna terbebani oleh besarnya energi yang dikonsumsi. Untuk itu diperlukan pengendalian yang optimal pada sistem tata udara yang presisi agar kelembaban dan suhu di dalam ruang datacom dapat dijaga konstan.

Sistem tata udara presisi menghasilkan dua keluaran yang harus di jaga konstan yaitu suhu dan kelembaban. Untuk mengkondisikan kedua keluaran tersebut maka ada variable lain yang mengatur yaitu kipas, kompresor, dan bukaan katub. Variable-variable ini disebut masukan. Jadi system PAC ini mempunyai dua masukan dan dua keluaran atau dengan istilah MIMO (Multiple Input Multi Output) yang selanjutnya akan diuji dengan menggunakan MPC. Namun dikarenakan sistem ini adalah MIMO, hal ini menyebabkan pencarian model fisik dari sistem ini menjadi relative sulit. Sehingga diperlukan identifikasi sistem yang bersifat black box. Selain itu, dibutuhkan suatu metode identifikasi model yang bersifat adaptif, sehingga model yang didapat lebih baik dalam merepresentasikan sistem tata udara presisi. Metode identifikasi yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode subspace state space system identification (4SID).

Hal ini dikarenakan metode identifikasi sistem dinamik ini akan diimplementasikan kedalam suatu mikrokontroller, dimana 4SID merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam mikrokontroller sehingga sistem identifikasi menjadi praktik dan portable. Metode 4SID ini merupakan salah satu metode yang dapat mengidentifikasi secara online menggunakan metode rescursive terhadap LQ –factorization dan singular value decomposition (SVD). Rescursive ini bertujuan untuk mengurangi biaya perhitungan dan penyimpanan, dimana suatu kelemahan utama yang menyebabkan 4SID pada penelitian yang terdahulu tidak dapat digunakan secara online adalah SVD yang memiliki kompleksitas perhitungan yang tinggi.


Download Contoh Skripsi Teknik
Judul: Identifikasi Model Ruang Keadaan Multivariabel pada Sistem Tata Udara Presisi Menggunakan Algoritma Online PO-MOESP(Past Output MIMO Output Error State- Space Model Identification)


Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.