Skripsi Teknik: Perancangan Kontrol Prime Mover Motor DC Untuk Mengatur Putaran Generator Induksi 3 Fasa dengan Logika Fuzzy


Overview:

Penggunaan generator serempak memudahkan kita untuk mengatur tegangan dan frekuensi keluaran generator dengan cara mengatur arus medan dari generator. Sayangnya penggunaan generator serempak jarang di-aplikasikan karena biayanya yang mahal, membutuhkan arus penguat dan membutuhkan sistem kontrol yang rumit. 

Generator tak-serempak sering digunakan untuk sistem turbin angin dan sistem mikrohidro, baik untuk sistem fixed-speed maupun sistem variable speed. Keuntungan dari sistem fixed-speed menggunakan generator tak-serempak adalah murah, sistemnya sederhana dan kokoh (robast). Sistem ini beroperasi pada kecepatan yang konstan, sehingga turbin hanya memperoleh daya maksimum pada satu nilai kecepatan angin. Sistem ini cocok untuk diterapkan pada mikrohidro yang kecepatan aliran airnya bisa diatur secara mekanik. Kelemahan dari sistem ini adalah generator memerlukan daya reaktif untuk bisa menghasilkan listrik sehingga harus dipasang kapasitor bank atau dihubungkan dengan grid. Sistem ini rentan terhadap pulsating power menuju grid dan rentan terhadap perubahan mekanis secara tiba-tiba.

Dari karakteristik generator induksi yang dibutuhkan putaran yang konstan, maka dalam pembangkit pengontrolan putaran juga harus diperhatikan. Bila putaran tidak stabil maka akan berakibat hilangnya kopel induksi pada generator dan hilangnya tegangan pada jala-jala. Bahkan bila hal tersebut dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan terbakarnya kapasitor yang menyuplai daya reaktif pada jala- jala.

Maka dari itu pemilihan pengontrolan putaran dengan motor DC akan menggambarkan pengaturan putaran dengan menaik dan menurunkan tegangan motor DC (dalam hal ini memakai Pulse Width Modulation). Dalam mengatur putaran diperlukan kecerdasan buatan yang mudah, handal dan biaya penyelesaian murah. Pada skripsi ini digunakan fuzzy logic control dimana mencakup hal diatas. Kontrol fuzzy dapat mengekploitasi adanya toleransi ketidaktepatan. Jika dihubungkan dengan pembangkit tenaga air maka kontrol putaran generator dapat dipakai dengan mengatur debit air yang masuk dalam turbin. Begitu pula halnya denga turbin gas yang mengatur buka tutup katup gas yang masuk .

 Contoh Skripsi Teknik 
Judul: Perancangan Kontrol Prime Mover Motor DC Untuk Mengatur Putaran Generator Induksi 3 Fasa dengan Logika Fuzzy


Password: RIo95wBk


Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.