Skripsi TI: Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMP Negeri 6 Purwodadi

 Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika


Overview:

Dalam perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini telah membawa kita memasuki sebuah dunia baru, dunia dimana komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan. Berbagai macam fasilitas disediakan guna memenuhi semua kebutuhan akan komunikasi. Penggunaan fasilitas Internet beserta aplikasi-aplikasinya, sudah tidak asing lagi di masyarakat. Karena kemampuannya dalam menyajikan informasi secara cepat dan akurat tidak diragukan lagi. Salah satu aplikasi internet yang sekarang marak digunakan adalah Website . Website ini selain berfungsi sebagai penyedia informasi juga sebagai pengelola data. Sehingga website selain tampilannya menarik juga menyajikan informasi yang interaktif dan komunikatif. Saat ini bisa dijumpai hampir semua sekolah mulai SLTP hingga perguruan tinggi telah memiliki website sekolah masing-masing, yang digunakan untuk memperkenalkan profil sekolah tersebut. Dengan adanya website tersebut, sekarang masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang sekolah yang mereka minati dengan cepat dan efisien dengan menggunakan teknologi Internet yang kini sudah tidak asing lagi di masyarakat. 

Website merupakan salah satu aplikasi dari Internet yang berfungsi menyajikan informasi secara akurat dan cepat. Selain itu, website juga berfungsi sebagai pengelola data (basis data) berbasis web. Sehingga selain tampilan yang menarik juga menyajikan informasi yang interaktif dan komuni-katif. Hakikatnya dibuatlah web sekolah SMP Negeri 6 Purwodadi untuk menyampaikan informasi ke masyarakat tentang Profile Sekolahan, Pendidikan Sekolah, Fasilitas Sekolah, Organisasi Sekolah dan lain-lain. Dengan itu masyarakat tidak perlu datang langsung ke sekolahan. dan Informasinya diharapkan masyarakat tertarik sehingga ingin menyekolahkan anaknya ke SMP Negeri 6 Purwodadi.

Secara umum arti sistem adalah suatu kesatuan atau kelompok dari bagian-bagian tertentu yang saling berhubungan dengan mencapai tujuan tertentu. Suatu sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiayan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Suatu sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran yang tepat karena hal ini akan sangat menentukan dalam mendefinisikan masukan yang dibutuhkan sistem dan juga keluaran yang dihasilkan. Informasi adalah kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data yang merupakan suatu kejadian yang menggambarkan kenyataan yang terjadi dimasukan melalui elemen input kemudian data tersebut akan diolah dan diproses menjadi suatu outptu dan output pemakai atau penerima, kemudian penerima akan memberikan umpan balik yang berupa evaluasi terhadap informasi tersebut dan hasil umpan balik tersebut akan menjadi data yang akan dimasukan menjadi input kembali dan seterusnya hingga menjadi siklus informasi atau disebut juga siklus pengolahan data.

Sistem Informasi Akademik, merupakan layanan akademik yang diperuntukkan bagi siswa dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan catatan akademik selama proses belajar. Informasi guru dan siswa yang disampaikan meliputi informasi jadwal mengajar guru dan informasi jadwal pelajaran siswa. Edukasi online merupakan aktifitas yang sering disebut dengan e-learning ini memanfaatkan internet sebagai wahana belajar mengajar. Beberapa di antaranya adalah situs berita iptek (http://beritaiptek.com) yang memuat berita ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bahasa Indonesia, situs ilmukomputer.com yang mendapat penghargaan internasional WSIS award dari PBB, dan situs-situs lain yang belakangan ini semakin menjamur. Situs digital library Indonesia ini memuat abstrak publikasi khusus di Indonesia (paper dan paten). Hal ini akan memberikan kemudahan akses bagi peneliti lain dan mempercepat proses komunikasi komunitas ilmiah Indonesia.

Mailing list adalah forum diskusi yang berlangsung lewat electronic mail. Beberapa komunitas ilmiah seperti IECI (Indonesian Society on Electrical, Electronics, Comunication dan Information), HFI (Himpunan Fisika Indonesia), Biotek-indonesia.net telah memiliki forum diskusi sendiri. Pada milis yang aktif, secara reguler diadakan seminar online. Salah satu peserta mempresentasikan penelitiannya, dan peserta yang lain mengajukan pertanyaan atau memberikan masukan, lewat email. Selain presentasi penelitian, konsultasi masalah, kegiatan lain misalnya resensi paper penelitian yang terbaru. Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya didalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara.

Contoh Skripsi TI / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen Informatika
Judul: Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMP Negeri 6 Purwodadi

Password: PJP9AaWF

 
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Skripsial - Dedign by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.